10 Pesan Hikmah dan Motivasi untuk muhasabah diri Agar Sukses Dunia Akhirat

Semoga artikel 10 Pesan Hikmah dan Motivasi untuk muhasabah diri Agar Sukses Dunia Akhirat ini dapat menjadi penyemangat bagi anda yang sedang galau.
Assalamualaikum sahabat medandakwah semua.. semoga kita dalam keadaan baik dan bahagia hari ini ya. Berikut ini adalah artikel dari telegram muhasabah harian.
10 Pesan Hikmah dan Motivasi untuk muhasabah diri Agar Sukses Dunia Akhirat

Semoga beberapa artikel ini dapat menjadi suplemen keimanan kita. Agar kita semakin hari semakin baik. Untuk Link telegramnya saya letak di paling bawah artikel ya.. 

Pertolongan Allah itu Ada

Ketika ujian hidup terasa begitu menghimpit kesabaran, sudah sejauh mana kita meminta pertolongan-Nya?

Sedalam apa kita sudah meyakini bahwa pertolongan-Nya itu ada dan setinggi apa kita sudah melangitkan doa-doa?


Kadang ujian itu adalah bagian dari cara Allah untuk menguji kesungguhan kita dalam meminta pertolongan-Nya

Menguji kekuatan hati dan iman kita. Apakah kita sanggup bersabar saat diberi ujian yang besar, apakah kita akan tetap percaya dengan janji-Nya saat doa-doa tak kunjung dikabulkan.


Saat hatimu mulai lelah, ingatlah selalu bahwa Allah Maha kuasa atas segalanya, jika Allah saja mampu mengubah malam menjadi siang maka Allah pun mampu dengan mudah mengubah sedihmu menjadi bahagia, mengubah sakitmu menjadi sehat dan mengubah susahmu menjadi mudah. 


Tetaplah berbaik sangka dan bersungguh-sungguhlah meminta pertolongan-Nya, percayalah Allah tidak akan mengabaikan setiap sujudmu. 

Berjuanglah terus demi ridho Allah


Berjuang itu tak mudah, 
namun jika kita sertakan Allah dalam setiap langkah, maka semua akan terasa mudah. Semua akan terasa lebih ringan jika saja kita melibatkan Allah dalam setiap perjuangan kita. Karna sejatinya Allah lah sebaik-baik penolong kita. Tak ada daya dan upaya manusia tanpa pertolongan-Nya. 

Untuk semua perjuanganmu yang belum terwujud janganlah cepat menyerah. Terus meminta padaNya dalam setiap doa, karna Allah tidak akan pernah memberi akhir sia-sia untuk usaha dan doa hamba-Nya.

Kita hanya perlu terus berjuang, bersabar dan menanti hadiah indah itu datang. Ketika saat itu tiba kita akan merasa jauh lebih bersyukur dari sebelumnya. Bahkan ketika pengabulan-NYA tak kita temui ketika di dunia fana. Setiap kesabaranmu akan berbuah berkali-kali lipat pahalanya

Bukti Cinta-Nya untukmu


Terkadang mungkin kita berada di titik terjenuh dalam hidup ini. Kita merasa bahwa hanya kita yang harus melewati ujian seberat ini. Kita merasa tak mampu untuk bangkit dan menyusun puing-puing yang telah rapuh. 

Lantas bercerita pada-Nya, ya Allah kenapa Engkau berikan ujian seberat ini padaku. Apa salahku hingga harus melewati ini semua. 

Kita menyalahkan segala keadaan dalam hidup ini, menyalahkan siapa saja yang ada di sekitar kita, dan merasa bahwa uluran tangan siapapun tidak bisa membuat kita berdiri seperti sedia kala. 

Wahai diri yang sedang diuji, seberat apapun keadaan yang engkau alami, sesulit apapun dirimu untuk bangkit, kau tidaklah sendiri. Allah selalu ada untukmu, hanya saja Allah memintamu untuk lebih bersabar melewati rintangan untuk bisa lebih baik ke depannya. Percayalah bahwa apa yang terjadi padamu adalah bukti Cinta-Nya padamu.

Memaafkan Melegakan Hati


Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, kebaikan juga kesalahan. Manusia tempatnya lalai dan khilaf, itulah sunatullaah yang tidak bisa dipungkiri. 

Namun di balik itu semua manusia diberkahi hati dan akal pikiran untuk membedakan mana yang salah dan mana yang benar, untuk memaafkan dan saling menyayangi.

Manusia diberikan pilihan untuk berbuat baik ataupun berbuat keburukan, namun jika kita melakukan kebaikan karena berharap balasan dari manusia, maka bersiap-siaplah kecewa.

Berbuat baiklah karena Allah semata, karena Dia takkan pernah mengecewakan dalam memberikan balasan.

"Direndahkan tidak menjadikan kita sampah, disanjung tidak menjadikan kita seperti bintang"


Maka jangan merisaukan kata-kata orang, karena setiap orang melihat kita dengan pemahaman berbeda. Teruslah melangkah selagi kita di jalan yang benar, walaupun kebaikan tidak selalu dihargai. Ada waktunya kita harus terbuka dan berlapang dada terhadap orang yang berterus terang terhadap kita. Walaupun kita kurang nyaman tapi sekurang-kurangnya dia jujur terhadap kita.

Jangan kita terlalu berharap orang lain memahami jalan hidup kita, karena kita semua tidak melalui perjalanan hidup yang sama.

Sahabat yang baik bukan hanya memuji-muji kebaikan kita tapi juga menegur kesalahan kita. Sebab itu jangan menghakimi orang lain. Tidak semua juga orang suka kita. Adakala mereka membenci tanpa mengenali kita. Itulah KEHIDUPAN. Teruskan saja berbuat kebaikan karna itu yang penting untuk kita.


LEMAH TANPA PERTOLONGAN-NYA


“Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.” (al-Fatihah [1]: 5).

Selagi kita masih merasa menjadi orang hebat dan penting untuk dihargai maka perasaan mudah tersinggung dan marah akan mudah menghinggapi. 

Saat itulah kita akan menjadi pribadi yang sensitif atas sesuatu yang ada di depan kita, kesabaran menjadi barang langka bahkan kebanggaan menjadi makanannya.

Semoga kita terhindar dari kesombongan dan tinggi hati. Selalu lah merasa diri tak punya daya tanpa pertolongan Allah semata

PERBANYAK BERSYUKUR


Kunci dari segala kebahagiaan adalah bersyukur. Jika banyak ia bersyukur, jika sedikit ia juga bersyukur. Sehingga tak ada celah bagi kesedihan.

Sering kita merasa hidup orang lain lebih baik dan lebih bahagia dripada kita, padahal, hidup yg bahagia terlihat baik baik saja belum tentu benar benar bahagia. 

Jadi banyak banyak lah bersyukur, hidup sehat, bisa makan dengan nikmat, bisa tidur nyenyak, terutama bisa ibadah dengan khusyuk dan nikmat itu sudah teramat bahagia. 

Alhamdulillah kita masih bisa melihat, mendengar, merasakan kenikmatan sehat...nikmat iman, nikmat waktu yg berharga dan lainnya. Alhamdulillah bini'matihi ta'timussholihaat. 

Dia yang Penuh Kasih Sayang


Sosok itu selalu tulus menjagamu dengan penuh kasih dan cinta. Dia tak pernah ragu untuk membelamu dan yang paling sedih ketika kau terluka. Sosok yang begitu tegar meski batinnya kecewa saat amarahmu meledak padanya, namun tak kan mengurangi rasa pedulinya. 

Dia yang tak bisa tidur nyenyak ketika dirimu menahan sakitnya raga, bahkan rela berpeluh hanya untuk memenuhi kesukaanmu pada masakannya, atau menuruti apa yg kau pinta. 

Sosok yang begitu merindukan sapaanmu bahkan jika hanya dari suara di telepon saja. Atau sekedar memandangi foto-foto lama penuh kenangan sukacita. Dia yang tak pernah lekang meminta untuk kebaikanmu di dunia dan akhirat dalam doanya. Ia yang mendedikasikan sisa hidupnya untuk mendukungmu apapun cita-cita dan harapanmu meski harus mengorbankan keinginannya sendiri. Sosok yang tak pernah lelah mencintai keluarganya, ialah Ibunda

Mungkin harta hingga doa-doa yang kita haturkan untuknya tak kan pernah mampu membalas semua kasih sayang Ibu, namun ia tak pernah risau karenanya. 

Kapankah terakhir kita sampaikan kata rindu, sayang, dan trimakasih untuknya? jangan sampai kita menyesal karna terlambat mengungkapkannya. Doakanlah ia selalu dalam kasih sayang-Nya, sebagaimana Ibu menyayangi kita sejak kecil hingga dewasa. 
Saat ia kesepian, temanilah, barangkali kesempatan kita membersamainya tak sepanjang yang kita kira.
Salam rindu untukmu Ibunda.. 

Tentang Kemarin, Hari ini dan Esok


Kemarin adalah sejarah. 
Menorehkan hikmah untuk belajar menapakkan langkah ke masa depan. Setiap yang terlampaui takkan bisa terulang, hanya bisa resapi yang perlu diperbaiki dan ditaubati. 

Esok adalah rahasia.. 
Tak ada yang tau apa yang akan kita terima. 
Apapun mimpimu berikan usaha terbaikmu. 
Biarkan Dia yang menentukan hasilnya, insyaa Allah usaha dan doa tidak akan menghianatimu

Hari ini adalah pasti
Jalani hari ini sebaik mungkin, apa yang ada di hadapanmu. Luaskan kesabaranmu menunggu ketetapan-NYA. Bersyukurlah jika kau merasa lelah dalam hal kebaikan, kalau tidak, mungkin saja kita lelah dalam perkara kemaksiatan.

Biarkan peluh itu mengiringi setiap upaya kita berpacu menuju ridhoNya. Setiap cobaan, ujian, baik maupun buruk bagi kita menurutNya sudah sesuai dengan kemampuan yang kita punya.


LAKUKAN PERUBAHAN SEKECIL APAPUN


Perubahan adalah sesuatu yang terkadang menakutkan, membuat kita tidak nyaman, bingung dan sulit beradaptasi. Akan tetapi perubahan perlu dilakukan bila kita ingin berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan tahan banting

Lakukan perubahan sekecil apapun itu, kembangkan sikap untuk selalu menjadi lebih baik dan semakin baik. Sekecil apapun perubahan yang telah  kita lakukan asalkan ke arah yang lebih baik akan membantu kita menjadi lebih baik

Dengan melakukan perubahan kecil secara rutin dan dengan usaha yang tulus akan membuat perubahan yang besar. Jika kita hanya berdiam diri  tidak melakukan apapun sama sekali, maka tidak akan pernah terjadi perubahan

Ingat bahwa sekecil apapun tindakan yang membuat kehidupan kita makin positif akan berdampak besar di masa depan
================================

Link Telegram : Muhasabah Today : https://t.me/today_muhasabah

Posting Komentar